Selasa, 07 Juli 2009

Tips Agar Setiap Hari Tetap Semangat


Anda pernah merasakan, saat bangaun pagi anda merasa hambar menatap hari. Dengan santainya anda duduk dulu di teras rumah waktu telah menunjukan jam 7, padahal anda harus masuk kantor jam 8 pagi. Dibayangkanya hari ini di tempat pekerjaan yang membosankan. Tidak ada semangat. Badan terasa lemah, letih dan lesu.

Saya pernah terlibat perbincangan dengan seseorang di kereta api, dia pernah tinggal di Jepang sebagai duta pertukaran pelajar. Saya terkesan dengan ceritanya tentang managemant waktu sewaktu dia di Jepang. Sebelum tidur semuanya diberi pengarahan tentang tujuan esok hari. Setelah itu semua di beritahukan aktifitas yang akan di jalankannya. Setiap aktivitas dia setiap hari ada batasan waktunya, dari mulai mandi pagi, sarapan bahkan perjalanan menuju Station Kereta pun ada waktunya. Sehinga esok hari pada waktu bangun pagi semua orang begitu semangat untuk menjalankannya walaupun semuanya dibatasi oleh waktu yang sangat ketat. Menurut dia itu bukan aktifitas karena dia sedang dalam rangka studi banding di jepang, tetapi mayoritas penduduk jepang melakukan hal yang sama dalam memanage waktunya.

Saya memang belum pernah ke jepang. Tetapi apapun kenyatannya di sana itu tidak penting, yang penting adalah management waktu yang baik akan menghasilkan perubaahan yang besar. Teringat pepatah tua ”jangan berharap anda bisa memanage suatu pekerjaan, kalo waktu yang anda punya juga tidak bisa anda manage”.

Anda mungkin bertanya, judulnya kan tentang menjanga semangat setiap hari, kok malah membahas tentang management waktu? Apa maksudnya? Betul sekali.. saya tidak sedang membahas management waktu, tapi pangkal dari semangat hidup setiap hari adalah bagaimana setiap saat yang anda jalani, anda sedang menggapai tujuan dalam rentang waktu yang telah anda tentukan. Adanya tujuan yang anda ingin capai tetapi tidak dibatasi waktunya, maka akan hambar dalam maelaksanakannya, begitu juga sebaliknya.

Jadi Kalo anda ingin tetap semangat setiap hari, cobalah tips berikut :
1. Sebelum anda tidur dimalam hari, renungkanlah tujuan anda esok harinya.
2. Kalo tidak bisa, paksakan tetap ada tujuan, karena ini pangkalnya
3. Bayangkan bahwa apa yang anda tuju adalah sesuatu yang sangat anda sukai
4. Tuliskan tujuan anda dan buat prioritas, untuk awal buatlah 3 tujuan saja.
5. Buatlah pengaturan waktunya untuk mencapai tujuan-tujuan tersebut
6. Bacalah sekali lagi ( dikeraskan) secara lengkap sebalum anda tidur, sebanyak yang anda bisa sampai anda merasa bersemangat untuk mencapainya.

Lalu perhatikan apa yang terjadi di pagi hari..selamat mencoba.

2 komentar: